MAKALAH
DISUSUN OLEH:
NAMA :
NIM :
Fakultas ilmu keolahragaan
Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi
Universitas negeri padang
2012
KATA PENGANTAR
Puji
syukur atas kehadirat allah SWT yang teleh melimpahkan rahmat kepada penulis
sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas pembentukan kondisi fisik untuk
persaratan ujian tengah semester.
Melalui
malakah ini penulis dapat menyampaikan apa yang di maksut dengan kecepatan
dalam permainan,permainan lari estapet membawa bola dan lari di peluk oleh
teman yang di pareasi oleh penulis menjadi sebuah permainan yang mengasikkan
tetapi cukup melelehkan karena menggunakan kecepatan untuk berlari,sehingga
fisik kita berkurang,dikit demi sedikit.
Dalam
pembuatan makala ini di tujukan untuk mahasiswa dan mahasiswi FIK sebagai calon
guru untuk mimpelajari apa mantaaf makala yang penulis buat ini,sebagai contoh
pedoman pada saat mengajar sehingga anak-anak tidak dosan bejar olahraga dengan
seorang gurunya.
Akhhirnya
penulis menyadari makalah ini belum
sempurna maka dari itu penulis memerlukan saran dan keritik dari penbaca
agar penulis tau apa kesalahan makala yang penulis buat ini,supaya pembuatan
makala yang selanjutnya minjadi lebih baik lagi
Atas
saran dan keritikan dan saran dati penbaca penulis mengucapkan ribuan terima
kasih
padang,8
november,2012
penilis
DAFTAR
ISI
Halaman judul………………………………………………….1
Kata pengantar…………………………………………………2
Daftar isi………………………………………………….…….3
BAB I PENDAHULUAN…………………………………..…4
A.Latar
belakang masalah……………..............................5
B.Tujuan
penulisan makalah sederhana………………….6
BAB II PEMBAHASAN…………………...………………….7
A.Pengertian
kecepatan…………………………………..8
B.Hal
yang mempengaruhi kecepatan……………………9
C.Skema
latihan kecepatan………………………………10
BAB III DAFTAR GAMBAR………………………………...11
BAB IV PENUTUP…………………………………………...12
BAB
I
PENDAHULUAN
A.Latar
belakang masalah.
Dalam usaha memberikan pengetehuan dan
ketrampilan olah raga,sebaiknya di lakukan sedini mungkin,seperti tingkat dasar
untuk itu makanya ada usaha-usaha peningkatan pengetahuan dan serta kemampuan
calon guru olah raga.terutama dalam pengajaran kelincahan pada cabang olah
raga,melalui pengajaran dalam penyajian
pengajaran olah raga,setidak nya ada dua kondisi yang meruupakan penghambat
dalam mengerjakan olah raga.yaitu kecepatan.
Berdasarkan kondisi tersebut perlu di
adakan latihan dalam bentuk latihan dan permainan dan latihan dimana kebijakan
tersebut merupakan persaratan mutlak yang harus di punyai oleh seorang
permainan.melalui bentuk bentuk permainan yang di rancang dapat di pahami
secara mudah oleh anak didik dalam kegiatan olah raga,sekalipun dasar permainan.
B.
Tujuan penulisan makalah sederhana ini adalah:
Ø Mahasiswa
mengetahui apa itu kecepatan.dan hal yang mempegaruhnya
Ø Mahasiswa
dapat mengetahui metode apa yang dapat di lakukan untuk melatih kecepatan
Ø Mahasiswa
mampu menerapkan dan melakukan metode latihan kecepatan dengan berlari
BAB
II
PEMBAHASAN
A.Pengertian kecepatan
Kecepatan
adalah kemampuan seseorang dalam berpindah tempat dari suatu titik yang lain
dengan waktu yang sesingkat singkatnya,kecepatan ini berkaitan erat dengan
kelincahan.dalam kecepatan keseimbangan juga di perlukan.agar dalam kecepatan kita
stabil.
B. Hal-hal yang mempengaruhi kecepatan
1. Keseimbanga
Keseimbangan
sendiri adalah kemampuan seseorang untuk mempertahankan posisi tubuh baik dalam
kondisi static maupun dinamik, dalam keseimbangan ini yang perlu diperhatikan
adalah waktu reflek. Dan kecepatan bergerak.
Ada
2 keseimbangan
a. Keseimbangan
statis = mempertahankan sikap dalam posisi diam di tempat ruang geraknya
biasanya sangat kecil : seperti berdiri di alas yang sempit.
b. Keseimbangan
dinamis = kemampuan seseorang untuk mempertahankan posisi tubuhnya pada waktu
bergerak seperti sepatu roda
2.
Kelentukan
Kemampuan seseorang untuk melakukan
gerak dengan ruang gerak seluas luasnya dalam persendiannya. Faktor utamanya yaitu
bentuk sandi, elastisitas otot, dan ligament.
Ciri-ciri
latihan kelentukan adalah
· Pregangan
persendian
· Mengulur
sekelompok otot
Kelentukan
ini sangat diperlukan oleh atlit agar ia mudah mempelajari berbagai gerak,,
meningkatkan keterampilan, mengurangi resiko cidera, dan mengoptimalkan
kekutan, kecepatan dan koordinasi.
Kelentukan dapat dikembangkan melalui
latihan peregangan yang modelnya terdiri atas
a. Peregangan
dinamik : Peregangan yang dilakukan dengan menggerakkan tubuh atau anggota
tubuh secara berirama ( merenggut-renggut badan )
b. Peregangan
statistit : satu cara untuk meregangkan sekelompok otot secara perlahan-lahan
sampai titik rasa sakit kemudian dipertahankan 20-30 detik.
3.
Kecepatan
Menurut Dick (1989) kapasitas gerak dari
anggota tubuh atau bagian dari system pengungkit tubuh atau kecepatan
pergerakan dari seluruh tubuh yang dilaksanakan dalam waktu yang singkat.
Terdapat
kecepatn yaitu
a. Kecepatan
reaksi
Kapasitas
awal pergerakan tubuh untuk menerima rangsangan secara tiba—tiba atau cepat
b. Kecepatan
bergerak
Berkontraksi
dari beberapa otot untuk menggerakkan tubuh secara cepat
4.
Koordinasi
Suatu kemampuan biomotorik yang sangat
komplek (harsono 1988) menurut bompa ( 1944 ) kordinasi erat kaitannya dengan
kecepatan, kekuatan daya tahan, dan kelentukan. Oleh karena itu bentuk latihan
koordinasi harus dirancang dan disesuaikan dengan unsure—unsur kecepatan,
kekuatan, daya tahan, dan kelentukan.
KESIMPULAN
YANG DIAMBIL
Hal yang mempengaruhi kecepatan itu
1. Keseimbangan
2. Kelentukan
3. Kelincahan
4. Koordinasi
Alat—alat
yng dibutuhkan dalam permainan ini adalah
· Stopwatch
· Peluit
· Dan
beberapa bola
Cara
melakukan permainan ini
· Siswa
berada dalam garis yang telah di tentukan oleh pengajar,,dengan barisan dua
berbanjar
· Barisan
belakang menunggu bola dari depan
setelah bola sampai ke belakang ,barisan belakang berlari ke garis yang telah di tentukan
setelah bola sampai ke belakang ,barisan belakang berlari ke garis yang telah di tentukan
· Intruksi
dan peraturan yang di buat oleh pengajar harus di patuhi
ini
adalah gambar con dari permainan kecil,yang di buat oleh si pendidik
Pada
gambar ini siswa terlihat peserta didik bersiap-siap melakukan permainan yang telah di buat si
pegajar
Pada
gambar ini terlihat peserta didik sedang megambil bola dari temannya secepat
mungkin
agar
tidak ketingalan dari lawan nya.
Pada
gambar ini terlihat setelah peserta didik megambil bola dari temanya lalu dia
membawa bola ke kon ke empat
Pada
gambar ini terlihat setelah peserta didik membawa bola ke kon no empat terus
peserta didik kembali ke kon pertama
Pada
gambar ini terlihat peserta didik memberikan bola kepada temannya,siapa yang
cepat maka dialah pemenangnya
BAB
III
PENUTUP
A.kesimpulan
Permainan yang saya ciptakan ini
dilakukan oleh siswa siswi,jumlah pemain tidak di tentukan,permainan ini
megandung beberapa unsur di antara nya membentuk kelincahan.
Permainan ini selain berguna bagi tubuh
kita juga berguna bagi proses belajar,karena siswa siswi sangat menyenangi
permainan permainan,selain berguna untuk kebugaran tubuh ,permaianan ini juga
tidak membosankan.
B.Saran
Saran saya pada calon guru olah raga
biasa mengunakan metode belajar dengan melakukan permainan permainan kecil
seperti permainan di atas agar tidak membosankan,selain menambah kebugaran
fisik juga tidak membosankan,materi materi yang di sampaikan kepada murid mudah
di serap ,karena murid senang belajar sambil bermain.
1 comments:
artikelnya menarik mas,, berkunjung balik ya..
Post a Comment