Sunday, 3 March 2013

MAKALAH PEMBENTUKAN KONDISI FISIK


MAKALAH
PEMBENTUKAN KONDISI FISIK

DISUSUN OLEH:
NAMA        :
NIM            :
             
             
                     Fakultas ilmu keolahragaan
Pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi
Universitas negeri padang
                  2012   

KATA PENGANTAR

            Puji syukur atas kehadirat allah SWT yang teleh melimpahkan rahmat kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas pembentukan kondisi fisik untuk persaratan ujian tengah semester.
            Melalui malakah ini penulis dapat menyampaikan apa yang di maksut dengan kecepatan dalam permainan,permainan lari estapet membawa bola dan lari di peluk oleh teman yang di pareasi oleh penulis menjadi sebuah permainan yang mengasikkan tetapi cukup melelehkan karena menggunakan kecepatan untuk berlari,sehingga fisik kita berkurang,dikit demi sedikit.
            Dalam pembuatan makala ini di tujukan untuk mahasiswa dan mahasiswi FIK sebagai calon guru untuk mimpelajari apa mantaaf makala yang penulis buat ini,sebagai contoh pedoman pada saat mengajar sehingga anak-anak tidak dosan bejar olahraga dengan seorang gurunya.
            Akhhirnya penulis menyadari makalah ini belum   sempurna maka dari itu penulis memerlukan saran dan keritik dari penbaca agar penulis tau apa kesalahan makala yang penulis buat ini,supaya pembuatan makala yang selanjutnya minjadi lebih baik lagi
            Atas saran dan keritikan dan saran dati penbaca penulis mengucapkan ribuan terima kasih


                                                                                                padang,8 november,2012                                                                                                                                                                               
                                                                                                                penilis                                                                                                                                                                                 


DAFTAR ISI
Halaman judul………………………………………………….1
Kata pengantar…………………………………………………2
Daftar isi………………………………………………….…….3
BAB I PENDAHULUAN…………………………………..…4
        A.Latar belakang masalah……………..............................5
        B.Tujuan penulisan makalah sederhana………………….6
BAB II PEMBAHASAN…………………...………………….7
        A.Pengertian kecepatan…………………………………..8
        B.Hal yang mempengaruhi kecepatan……………………9
        C.Skema latihan kecepatan………………………………10
BAB III DAFTAR GAMBAR………………………………...11
BAB IV PENUTUP…………………………………………...12





               
BAB I
PENDAHULUAN 
A.Latar belakang masalah.
        Dalam usaha memberikan pengetehuan dan ketrampilan olah raga,sebaiknya di lakukan sedini mungkin,seperti tingkat dasar untuk itu makanya ada usaha-usaha peningkatan pengetahuan dan serta kemampuan calon guru olah raga.terutama dalam pengajaran kelincahan pada cabang olah raga,melalui  pengajaran dalam penyajian pengajaran olah raga,setidak nya ada dua kondisi yang meruupakan penghambat dalam mengerjakan olah raga.yaitu kecepatan.
        Berdasarkan kondisi tersebut perlu di adakan latihan dalam bentuk latihan dan permainan dan latihan dimana kebijakan tersebut merupakan persaratan mutlak yang harus di punyai oleh seorang permainan.melalui bentuk bentuk permainan yang di rancang dapat di pahami secara mudah oleh anak didik dalam kegiatan olah raga,sekalipun dasar permainan.
B. Tujuan penulisan makalah sederhana ini adalah:
Ø Mahasiswa mengetahui apa itu kecepatan.dan hal yang mempegaruhnya
Ø Mahasiswa dapat mengetahui metode apa yang dapat di lakukan untuk melatih kecepatan
Ø Mahasiswa mampu menerapkan dan melakukan metode latihan kecepatan dengan berlari
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian kecepatan
        Kecepatan adalah kemampuan seseorang dalam berpindah tempat dari suatu titik yang lain dengan waktu yang sesingkat singkatnya,kecepatan ini berkaitan erat dengan kelincahan.dalam kecepatan keseimbangan juga di perlukan.agar dalam kecepatan kita stabil.

B. Hal-hal yang mempengaruhi kecepatan
1. Keseimbanga
        Keseimbangan sendiri adalah kemampuan seseorang untuk mempertahankan posisi tubuh baik dalam kondisi static maupun dinamik, dalam keseimbangan ini yang perlu diperhatikan adalah waktu reflek. Dan kecepatan bergerak.
        Ada 2 keseimbangan
a.    Keseimbangan statis = mempertahankan sikap dalam posisi diam di tempat ruang geraknya biasanya sangat kecil : seperti berdiri di alas yang sempit.
b.   Keseimbangan dinamis = kemampuan seseorang untuk mempertahankan posisi tubuhnya pada waktu bergerak seperti sepatu roda

2. Kelentukan
        Kemampuan seseorang untuk melakukan gerak dengan ruang gerak seluas luasnya dalam persendiannya. Faktor utamanya yaitu bentuk sandi, elastisitas otot, dan ligament.
Ciri-ciri latihan kelentukan adalah
·       Pregangan persendian
·       Mengulur sekelompok otot
Kelentukan ini sangat diperlukan oleh atlit agar ia mudah mempelajari berbagai gerak,, meningkatkan keterampilan, mengurangi resiko cidera, dan mengoptimalkan kekutan, kecepatan dan koordinasi.
        Kelentukan dapat dikembangkan melalui latihan peregangan yang modelnya terdiri atas
a.    Peregangan dinamik : Peregangan yang dilakukan dengan menggerakkan tubuh atau anggota tubuh secara berirama ( merenggut-renggut badan )
b.   Peregangan statistit : satu cara untuk meregangkan sekelompok otot secara perlahan-lahan sampai titik rasa sakit kemudian dipertahankan 20-30 detik.
3. Kecepatan
        Menurut Dick (1989) kapasitas gerak dari anggota tubuh atau bagian dari system pengungkit tubuh atau kecepatan pergerakan dari seluruh tubuh yang dilaksanakan dalam waktu yang singkat.
Terdapat kecepatn yaitu
a.    Kecepatan reaksi
Kapasitas awal pergerakan tubuh untuk menerima rangsangan secara tiba—tiba atau cepat
b.   Kecepatan bergerak
Berkontraksi dari beberapa otot untuk menggerakkan tubuh secara cepat
4. Koordinasi
        Suatu kemampuan biomotorik yang sangat komplek (harsono 1988) menurut bompa ( 1944 ) kordinasi erat kaitannya dengan kecepatan, kekuatan daya tahan, dan kelentukan. Oleh karena itu bentuk latihan koordinasi harus dirancang dan disesuaikan dengan unsure—unsur kecepatan, kekuatan, daya tahan, dan kelentukan.







KESIMPULAN YANG DIAMBIL
        Hal yang mempengaruhi kecepatan itu
1.   Keseimbangan
2.   Kelentukan
3.   Kelincahan
4.   Koordinasi



















Alat—alat yng dibutuhkan dalam permainan ini adalah

·       Stopwatch
·       Peluit
·       Dan beberapa bola


Cara melakukan permainan ini
·       Siswa berada dalam garis yang telah di tentukan oleh pengajar,,dengan barisan dua berbanjar
·       Barisan belakang menunggu bola dari depan
setelah bola sampai ke belakang ,barisan belakang berlari ke garis yang telah di tentukan
·       Intruksi dan peraturan yang di buat oleh pengajar harus di patuhi

ini adalah gambar con dari permainan kecil,yang di buat oleh si pendidik






Pada gambar ini siswa terlihat peserta didik bersiap-siap  melakukan permainan yang telah di buat si pegajar


Pada gambar ini terlihat peserta didik sedang megambil bola dari temannya secepat mungkin                                                                                                   
agar tidak ketingalan dari lawan nya.







Pada gambar ini terlihat setelah peserta didik megambil bola dari temanya lalu dia membawa bola ke kon ke empat



Pada gambar ini terlihat setelah peserta didik membawa bola ke kon no empat terus peserta didik kembali ke kon pertama






       
Pada gambar ini terlihat peserta didik memberikan bola kepada temannya,siapa yang cepat maka dialah pemenangnya


       











BAB III
PENUTUP
A.kesimpulan
        Permainan yang saya ciptakan ini dilakukan oleh siswa siswi,jumlah pemain tidak di tentukan,permainan ini megandung beberapa unsur di antara nya membentuk kelincahan.
        Permainan ini selain berguna bagi tubuh kita juga berguna bagi proses belajar,karena siswa siswi sangat menyenangi permainan permainan,selain berguna untuk kebugaran tubuh ,permaianan ini juga tidak membosankan.

B.Saran
        Saran saya pada calon guru olah raga biasa mengunakan metode belajar dengan melakukan permainan permainan kecil seperti permainan di atas agar tidak membosankan,selain menambah kebugaran fisik juga tidak membosankan,materi materi yang di sampaikan kepada murid mudah di serap ,karena murid senang belajar sambil bermain.

1 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates