Friday 15 March 2013

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan


Manfaat Daun Sirsak ternyata sangat luar biasa. Tumbuhan sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung asam. Di Negara Indonesia tanaman sirsak dapat tumbuh pada ketinggian 100 m dari permukaan laut. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah sirsak dapat mengandung banyak karbohidrat terutama fruktosa. Banyak sekali kandungan gizi yang terdapat di dalamnya seperti: vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2. Biji buah sirsak beracun bisa juga digunakan sebagai insektisida alami. Tanaman sirsak banyak sekali menyimpan manfaat, mulai dari buahnya, daun, bahkan pohonnya. Ternyata daun sirsak mempunyai manfaat sebagai bahan pengobatan herbal, dan menjaga kondisi tubuh.
manfaat daun sirsak untuk kesehatan
manfaat daun sirsak untuk kesehatan
Daun sirsak juga banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annoanacin, annomuricin, anonol dan lain sebagainya. Manfaat daun sirsak untuk kemoterapi dalam mengobati penyakit kanker. Banyak sekali penelitian ilmiah yang terbukti, bahwa daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Namun dibalik khasiatnya ternyata senyawa ini efektif memilih sel kanker sehingga tidak merusak sel-sel yang sehat. Daun sirsak telah diteliti bahwa pohon daun sirsak sangat efektif untuk berbagai penyakit seperti: -kanker prostat, -kanker pankreas dan paru-paru, -kanker usus besar, -kanker payudara, -mampu meningkatkan energi di dalam tubuh, -menabah stamina, -membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan, -mampu mencegah radikal bebas, -mengobati asam urat.

Manfaat daun sirsak yaitu meliputi

-mampu menghambat pertumbuhan bakteri
-membantu menghambat mutasi gen
-membantu menghambat perkembangan virus
-membantu menghambat pertumbuhan parasit
-membantu menghambat pertumbuhan tumor
-membantu merelaksasikan otot-otot
-membantu meredakan nyeri
-mampu menekan peradangan
-menurunkan kadar gula darah
-menurunkan demam
-menurunkan darah tinggi, menyehatkan jantung
-membantu membunuh cacing parasit dan lain sebagainya.
Obat daun sirsak sekarang sudah dikemas dengan praktis seperti kapsul yang langsung diminum. Dan bisa juga dengan tradisional atau herbal. Dibalik ukuran yang tidak terlalu besar ternyata daun sirsak besar sekali manfaatnya dan khasiat yang dihasilkan.
Berikut ini cara pengobatan dengan menggunakan daun sirsak, sebagai berikut:
1. Untuk mengobati kanker
Ambil 10 lembar daun sirsak tua, lalu rebus dengan 3 air gelas biarkan hingga mendidih dan tersisisa 1 gelas. Minumlah 2 hari sekali selama 2 minggu.
2. Untuk mengobati asam urat.
Ambil 6-10 lembar daun sirsak cuci hingga bersih, setelah itu potong-potong untuk memastikan kandungan di dalam daun sirsak keluar, rebus daun sirsak dengan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga air menjadi 1 gelas. Minumlah 2 hari sekali setiap pagi dan malam hari.
3. Untuk mengobati sakit pinggang.
Ambil 20 lembar daun sirsak cuci hingga bersih, rebuslah dengan 5 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa 3 gelas. Minumlah ¾ gelas setiap sehari sekali.
4. Untuk kekebalan tubuh dan infeksi.
Ambil 4-5 lembar daun sirsak cuci hingga bersih rebuslah dengan 4 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa 1 gelas. Minumlah sehari sekali.
5. Untuk mengobati rematik.
Ambil secukupnya daun sirsak cuci hingga bersih, lalu tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian yang terasa ngilu atau sakit karena rematik. Lakukanlah sehari 2 kali.
Demikianlah cara-cara pengobatan dengan menggunakan obat tradisional atau herbal dengan menggunakan daun sirsak untuk berbagai penyakit yang dapat dimanfaatkan kandungan-kandungan yang berada di dalamnya. Semoga artikel manfaat daun sirsak ini bermanfaatKritik dan Sarannya silakan

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates