Tuesday, 29 January 2013

Sejarah Perkembangan Komputer



Sejarah Komputer 


.Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Sejarah Perkembangan Komputer
Tahun
Sejarah
1939
http://blog.codingwear.com/gambar2/sejarah-komputer-39.jpg
Hewlett-Packard Didirikan. David Packard dan Bill Hewlett menemukan Hewlett-Packard di Palo Alto, California garasi. Produksi pertama mereka adalah HP 200A Audio Osilator, yang dengan cepat menjadi populer sepotong alat uji untuk insinyur. Walt Disney Pictures memerintahkan delapan dari model 200B untuk digunakan sebagai generator efek suara untuk film 1940 "Fantasia."
1940
http://blog.codingwear.com/gambar2/sejarah-komputer-40.jpg
Complex Number Calculator (CNC) selesai. Pada tahun 1939, Bell Telephone Laboratories selesai kalkulator ini, dirancang oleh peneliti George Stibitz. Pada tahun 1940, Stibitz menunjukkan CNC pada konferensi American Society matematika diadakan di Dartmouth College. Stibitz tertegun kelompok dengan melakukan perhitungan jarak jauh di CNC (terletak di New York City) menggunakan Teletype terhubung melalui saluran telepon khusus. Hal ini dianggap sebagai demonstrasi pertama dari komputasi akses remote.
1941
http://blog.codingwear.com/gambar2/sejarah-komputer-41-1.jpg
Konrad Zuse menyelesaikan komputer Z3. Z3 merupakan komputer awal dibangun oleh insinyur Jerman Konrad Zuse yang bekerja di isolasi lengkap dari perkembangan di tempat lain. Menggunakan 2.300 relay, yang digunakan Z3 aritmetika titik mengambang biner dan memiliki panjang kata 22-bit. Z3 asli hancur dalam serangan pemboman Berlin pada akhir tahun 1943. Namun, Zuse kemudian diawasi rekonstruksi dari Z3 tahun 1960 yang saat ini dipamerkan di Museum Deutsches di Munich.
1941
http://blog.codingwear.com/gambar2/sejarah-komputer-41-2.jpg
Bombe pertama selesai. Berdasarkan sebagian pada desain dari Polandia "Bomba," alat mekanis decrypting komunikasi militer Nazi selama Perang Dunia II, desain Bombe Inggris sangat dipengaruhi oleh karya pelopor komputer Alan Turing dan lain-lain. Banyak Bombes dibangun. Bersama-sama mereka secara dramatis meningkatkan kecerdasan pengumpulan dan pengolahan kemampuan pasukan Sekutu.
1942
http://blog.codingwear.com/gambar2/sejarah-komputer-42.jpg
Komputer Atanasoff-Berry (ABC) selesai. Setelah berhasil menunjukkan prototipe bukti-konsep pada tahun 1939, Atanasoff menerima dana untuk membangun mesin skala penuh. Dibangun di Iowa State College (sekarang Universitas), ABC dirancang dan dibangun oleh Profesor John Vincent Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana Cliff Berry antara 1939 dan 1942. ABC berada di tengah-tengah sengketa paten berkaitan dengan penemuan komputer, yang diselesaikan pada tahun 1973 ketika ditunjukkan bahwa ENIAC rekan desainer John Mauchly telah datang untuk memeriksa ABC tak lama setelah menjadi fungsional.
1943
http://blog.codingwear.com/gambar2/sejarah-komputer-43.jpg
Proyek Whirlwind dimulai. Selama Perang Dunia II, Angkatan Laut AS mendekati Institut Teknologi Massachusetts (MIT) tentang membangun simulator penerbangan untuk melatih awak bomber. Tim pertama membangun sebuah komputer analog besar, tapi ternyata tidak akurat dan tidak fleksibel. Setelah desainer melihat demonstrasi dari komputer ENIAC, mereka memutuskan untuk membangun sebuah komputer digital. Pada saat Whirlwind itu selesai pada tahun 1951, Angkatan Laut telah kehilangan minat dalam proyek, meskipun Angkatan Udara AS pada akhirnya akan mendukung proyek yang akan mempengaruhi desain program SAGE.
1944
http://blog.codingwear.com/gambar2/sejarah-komputer-44.jpg
Harvard Mark-1 selesai. Dirancang oleh seorang profesor Harvard Howard Aiken, dan dirancang dan dibangun oleh IBM, Harvard Mark-1 adalah kalkulator seukuran kamar, berbasis relay. Mesin memiliki camshaft lima puluh kaki panjang yang disinkronkan ribuan mesin dari bagian komponen. Mark-1 digunakan untuk menghasilkan tabel matematika tapi segera digantikan oleh komputer program tersimpan.
1945
http://blog.codingwear.com/gambar2/sejarah-komputer-45.jpg
Konrad Zuse mulai bekerja pada Plankalkul (Rencana Kalkulus), bahasa pemrograman pertama algoritmik, dengan tujuan menciptakan prasyarat teoritis untuk perumusan masalah yang bersifat umum. Tujuh tahun sebelumnya, Zuse telah mengembangkan dan membangun biner pertama di dunia komputer digital, Z1. Dia menyelesaikan berfungsi penuh pertama-program dikendalikan komputer digital elektromekanik, Z3, pada tahun 1941. Hanya Z4 - yang paling canggih dari kreasinya - selamat Perang Dunia II.
1947
http://blog.codingwear.com/gambar2/sejarah-komputer-47.jpg
Pelopor komputer Presper Eckert dan John Mauchly mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corp untuk membangun mesin berdasarkan pengalaman mereka dengan ENIAC dan EDVAC. Mesin hanya perusahaan membangun adalah BINAC. Sebelum menyelesaikan UNIVAC, perusahaan ini menjadi sebuah divisi dari Remington Rand.
1948
http://blog.codingwear.com/gambar2/sejarah-komputer-48.jpg
IBM´s Selective Sequence Electronic Calculator menghitung data ilmiah di layar publik Manhattan dekat markas perusahaan. Sebelum dekomisioning pada 1952, SSEC diproduksi bulan-posisi tabel yang digunakan untuk merencanakan perjalanan penerbangan Apollo tahun 1969 sampai bulan.



              Generasi Perkembangan Komputer
5 generasi perkembangan komputer
       Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap).
Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.














1. Generasi Pertama (1944-1959)

http://4.bp.blogspot.com/_LCE_sHIajtY/S8gE9eOCTOI/AAAAAAAAAFA/6aDK0ChDHQU/s1600/mau0-1a.jpeg

Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama.
Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal.
Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas.
Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin
Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal.
Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat.
Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton.
Begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.
Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.











2. Generasi Kedua (1960-1964)


http://2.bp.blogspot.com/_ZrG3pj2gbzM/S-IMz4UWCLI/AAAAAAAAAAU/nR5NG4bViAM/s1600/IBM__Komputer_Generasi_Kedua__1960_1964_.jpg

Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua.
Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi.
Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal.
Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah
Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor.
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial.
Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular.
Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.






3. Generasi Ketiga (1964-1975)

http://4.bp.blogspot.com/_ZrG3pj2gbzM/S-IM0uMdScI/AAAAAAAAAAc/s1MhGx6rP64/s1600/IBM_S360_4__Komputer_Generasi_Ketiga__1964_1975_.jpg

Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian.
Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.
Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi "ON" ataupun "OFF" yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer.
Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi.
Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.
Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.









4. Generasi Keempat (1975-Sekarang)

http://1.bp.blogspot.com/_ZrG3pj2gbzM/S-IM0yQp_pI/AAAAAAAAAAk/fRixz7z4Pdo/s1600/Apple_I__Komputer_Generasi_Keempat__1975_Sekarang__ezg_1.jpg

http://www.gadgetlite.com/wp-content/uploads/2009/01/fsc-zero-watt-pc-computer.jpg

Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip.
Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah.
Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004.
Contoh generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer.
Disamping itu, kemudian muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard.
Komputer Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb, juga merupakan salah satu komputer PC sangat popular pada masa itu. Operating Sistem yang digunakan adalah: CP/M 8 Bit. Komputer ini sangat populer pada awal tahun 80-a
IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit.
Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, disamping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat komputer ini menjadi sangat popular.

5. Generasi Kelima (Sekarang - Masa depan)

http://4.bp.blogspot.com/_ONp8HQSYM80/S9V3RhVWDhI/AAAAAAAAAjY/u2RfJtqH7nE/s1600/laptop.jpg

Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi.
Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.
Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz.
Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, disamping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron.
Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil.
Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium - 3.
Packard Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB, Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card GeForce2 MX dengan memory 32 MB.
HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang menggunakan Pentium-4 untuk processor nya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4 Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu.
Dibanding dengan PC lainnya, Pavilion merupakan PC Pentium-4 dengan fasilitas terlengkap. Memory yang dimiliki sebesar RDRAM 128 MB, Harddisk 30 GB dengan monitor sebesar 17 inchi.























     TUGAS T.I.K  
                                                                             
                                                                                  Di susun   
OLEH:
      Nama:Oskar.Rizal
Kelas:X.4
Sekolah:SMA N 8 PADANG
TUGAS:TIK                 

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates