Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang
digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun,
menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi
yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan
merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini
menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk
menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan
kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan
diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi
dan teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan
pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani.
Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis,
dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu
dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu,
negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat
pertukaran pikiran. Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi
memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan
berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini
sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini
sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e- seperti
e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine,
e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
EVOLUSI EKONOMI GLOBAL 1. Ekonomi Agraris, sampai dua ratus tahun yang lalu
ekonomi dunia bersifat agraris dimana salah satu ciri utamanya adalah tanah
merupakan faktor produksi yang paling dominant. 2. Ekonomi Industri , sesudah
terjadi revolusi industri, dengan ditemukannya mesin uap, ekonomi global
ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri utamanya adalah modal sebagai
faktor produksi yang paling penting. 3. Ekonomi Informasi, saat ini, manusia
cenderung menduduki tempat sentral dalam proses produksi, karena tahap ekonomi
yang sedang kita masuki ini berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan
berfokus pada informasi (information focused). Dalam hal ini telekomunikasi dan
informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology).
Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga
memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi,
distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke
dalam Masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering
disebut sebagai masyarakat pasca industri. Apapun namanya, dalam era informasi,
jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor dalam hubungan antar
manusia atau antar lembaga usaha, sehingga jagad ini menjadi suatu dusun
semesta atau “Global village”. Sehingga sering kita dengar istilah “jarak sudah
mati” atau “distance is dead”, yang makin lama makin nyata kebenarannya. Dalam
kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi
merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini,
maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
PERKEMBANGAN, IMPLIKASI, DAN PEMANFAATAN TI DAN TK
DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA PERKEMBANGAN TI DAN TK DI INDONESIA
• Teknologi Siaran Sejak PELITA I teknologi berupa
siaran radio dan televisi telah diprogramkan. Memang sarana dan prasarana pada
waktu itu belum ada atau belum memadai, namun dengan perkembangan teknologi
siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan pemancar ulang berdaya rendah,
telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok tanah air. Teknologi ini terus
berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang kemudian berkembang dengan
munculnya televisi swasta dan jaringan televisi siaran lokal. • Satelit
Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi modern
dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan
kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan letak geografisnya.
Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk keperluan pendidikan,
penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan, dan
perindustrian. • Komputer Perkembangan perangkat keras komputer berlangsung
sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga
semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu
mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya
sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal
computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan
sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh
dikatakan tidak ada satu kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan
komputer. • Teknologi Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video
sejalan dengan perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi
utamanya adalah untuk keperluan hiburan. PERKEMBANGAN TI DAN TK MENURUT RAMALAN
PARA AHLI Dari dulu sejak sebelum maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan
dan dalam bidang pendidikan pada khususnya, para ahli telah mengungkapkan
ramalannya tentang penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa
ramalan para ahli tersebut. “Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran
dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah
pendidikan yang lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita
melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada
ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah
(Deschooling Socieiy),” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.
Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes
(flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa
pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R.
(1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh
jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya
gedung sekolah. Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan
kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan
latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi.
Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya
akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time). Teknik pengajaran baru akan
bersifat dua arah, kolaboratif, dan inter-disipliner. Romiszowski & Mason
(1996) memprediksi penggunaan “Computer-based Multimedia Communication (CMC).
Dari ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa
dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih
bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada
produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif.
PERKEMBANGAN DAN IMPLIKASI TI DAN TI DALAM PENDIDIKAN
DI INDONESIA Kecenderungan perkembangan dan implikasi dunia pendidikan di
Indonesia di masa mendatang adalah: 1. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan
modus belajar jarak jauh (Distance Learning). 2. Sharing resource bersama antar
lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan. 3. Penggunaan perangkat
teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan
secara bertahap menggantikan TV dan Video. DISTANCE LEARNING Dengan adanya
perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini
sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media
internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai
mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan
berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat
dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap
masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya. Namun
demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi
antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak.
Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi
langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real
time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan
buletin board. Dengan cara di atas interaksi dosen dan mahasiswa di kelas
mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis
dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti
materi dosen dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh
siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula
dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat
diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung
dengan metode pembayaran online. Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara
lain harus memiliki unsur sebagai berikut: (1) Pusat kegiatan siswa; sebagai
suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan sarana ini
sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan,
membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya. (2) Interaksi dalam
grup; Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan
materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk
memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya. (3) Sistem
administrasi mahasiswa; dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai
status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya. (4) Pendalaman materi dan
ujian; Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan
untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir
masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance
learning (5) Perpustakaan digital; Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi
kepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital
seperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan
berbentuk database. (6) Materi online diluar materi kuliah; Untuk menunjang
perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada
bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan
lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa lainnya melalui web.
CONTOH LAIN PEMANFAATAN ATAS PERKEMBANGAN TI DAN TK
UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA • Perpustakaan elektronik (e-library) Revolusi
teknologi informasi tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga
membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan
arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan
mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam
berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke
internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan
menjadi tidak terbatas • Surat elektronik (e-mail) Dengan aplikasi e-mail,
seorang guru, orang tua, pengelola, dan siswa dapat dengan mudah saling
berhubungan. Pihak sekolah dapat membuat laporan perkembangan siswa dan
prestasi belajar baik diminta orang tua atau pun tidak. Dalam kegiatan belajar
diluar sekolah, siswa yang menghadapai kesulitam materi pelajaran dapat
bertanya lewat e-mail kepada pihak sekolah atau guru bidang studi. Demikian
pula untuk guru yang berhalangan hadir dapat memberikan tugas via e-mail kepada
siswa. • Ensiklopedia Sebagian perusahaan yang menjalankan ensiklopedia saat
ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD-ROM untuk menampung ensiklopedia
sehingga duharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan
dan gambar saja, tetapi juga video dan audio. • Jurnal atau majalah ilmiah
Salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan Indonesia adalah kurangny
akses informasi ke jurnal atau majalah ilmiah yang berada di internet sehingga
memudahkan bagi para siswa untuk mengakses informasi ilmiah terkahir yang ada
di seluruh dunia. • Pengembangan homepage dan sistim distribusi bahan belajar
secara elektronik (digital) Sistem pembelajaran melalui homepage dapat
dikembangkan dalam bentuk sekolah maya (virtual school) sehingga semua kegiatan
pembelajaran mulai dari akses bahan belajar, penilaian, dan kegiatan
administrasi pendukung dapat secara online selama 24 jam. • Video
teleconference Keberadaan teknologi informasi video teleconference memungkinkan
bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan berhubungan satu
dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan saranan untuk
diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan belajar
mengajar yang bersifat social. Disamping itu dapat pula untuk pengamatan proses
eksperimen dari seorang guru.
KESIMPULAN
Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era
indormasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Di era informasi ini, TI
dan TK memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology).
Perkembangan TI dan TK dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai
kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, termasuk dalam
dunia pendidikan. Dengan perkembangan TI dan TK yang sangat pesat ini, mau
tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi
dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia.
Perkembangan TI dan TK memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan
yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti
penggunaan e-learning, e-library, e-education, e-mail, e-laboratory, dan
lainnya. Seperti ramalan dan pandangan para cendikiawan tentang pendidikan di
masa depan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa
mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner,
serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif. Dalam
kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi
merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini,
maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
0 comments:
Post a Comment