Alat Navigasi kapal merupakan suatu yang sangat penting dalam menentukan
arah kapal, Pada zaman dahulu kala Untuk menentukan arah kapal berlayar tidak
jauh dari benua atau daratan. Alat komunikasi kapal digunakan untuk
berhubungan antara awak kapal yang beada pada satu kapal, atau dapat di gunakan
untuk komunikasi dengan kapal lain, dan atau berkomunikasi dengan darat.
1. MARINE
RADAR Navigasi kapal
alat navigai
Kapal laut modern
sekarang dilengkapi dengan alat navigasi kapal berupa marine radar untuk
mendeteksi kapal lain, cuaca/ awan yang dihadapi di depan sehingga bisa
menghindar dari bahaya yang ada di depan kapal.
nah ini dia
gambar marine radar kapal
..
RADAR merupakan singkatan dari radio
detection and ranging (ini bahasa menurut bahasa daerah saya).radar merupakan
suatu sistem yang digunakan untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map
benda-benda seperti pesawat dan hujan. Istilah radar pertama kali digunakan
pada tahun 1941, menggantikan istilah dari singkatan Inggris RDF (Radio
Directon Finding). Gelombang radio kuat dikirim dan sebuah penerima mendengar
gema yang kembali. Dengan menganalisa sinyal yang dipantulkan, pemantul gema
dapat ditentukan lokasinya dan kadang-kadang ditentukan jenisnya. Walaupun
sinyal yang diterima kecil, tapi radio sinyal dapat dengan mudah dideteksi dan
diperkuat.(alat navigasi kapal)
sebagai
pelaut kita dapat mengubah kekuatan Gelombang radio radar yang diproduksi dan
mendeteksi gelombang yang lemah, dan kemudian diamplifikasi( diperkuat )
beberapa kali. Oleh karena itu radar digunakan untuk mendeteksi objek jarak
jauh yang tidak dapat dideteksi oleh suara atau cahaya. Penggunaan radar sangat
luas, alat ini bisa digunakan di bidang meteorologi, pengaturan lalu lintas
udara, deteksi kecepatan oleh polisi, dan terutama oleh militer.
Marine radar
dengan Automatic Radar Plotting Aid (ARPA) kemampuan dapat membuat trek
menggunakan kontak radar. Sistem ini dapat menghitung saja tracking, kecepatan
dan titik terdekat pendekatan (CPA), sehingga tahu jika ada bahaya tabrakan
dengan kapal lain atau daratan.
alat
navigasi kapal ARPA khusus memberikan presentasi dari situasi navigasi kapal
pada saat iitu dan dapat memprediksi navigasi atu ararah kapal beberapa saat
kemudian dengan menggunakan teknologi komputer. alat navigasi kapal ARPA
dapat memperhitungkan risiko tabrakan kapal, dan memungkinkan operator untuk
melihat manuver kapal.berikut ini adalah fungsi alat navigasi ARPA :
a. dapat
menuntukan arah navigasi kapal dengan persentasi RADAR KAPAL
b. Otomatis
akuisisi target akuisisi ditambah manual. Digital membaca target diakuisisi
yang menyediakan course kapal speed atau kecepatan kapal, range, bearing,
closest point of approach (CPA, and time to CPA (TCPA).
c. Kemampuan
untuk menampilkan informasi tabrakan penilaian langsung pada PPI, dengan
menggunakan vektor (benar atau relatif) atau Prediksi grafis Luas Bahaya (PAD)
layar.
d. Kemampuan
untuk melakukan manuver kapal, termasuk perubahan. Tentu saja, perubahan
kecepatan, dan tentu saja gabungan / perubahan kecepatan. Otomatis stabilisasi
tanah untuk keperluan navigasi.
e. ARPA
proses informasi radar jauh lebih cepat dari radar konvensional namun masih
tunduk pada keterbatasan yang sama.
f. data ARPA
seakurat data yang berasal dari input seperti giro dan log kecepatan kapal
.
2. NAVIGASI
SATELIT KAPAL
Satelit alat
navigasi kapal adalah satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan
ke penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik kapal
dipermukaan bumi atau di lautan. Salah satu satelit navigasi yang sangat
populer adalah GPS milik Amerika Serikat selain itu ada juga Glonass milik
Rusia. Bila pandangan antara satelit navigasi kapal dan penerima di
tanah tidak ada gangguan, maka dengan sebuah alat penerima sinyal satelit
(penerima GPS), bisa diperoleh data posisi kapal di suatu tempat dengan
ketelitian beberapa meter dalam waktu nyata. Satelit mata-mata adalah satelit
pengamat Bumi atau satelit komunikasi yang digunakan untuk tujuan militer atau
mata-mata.
Salah satu
perlengkapan modern untuk navigasi kapal adalah Global Positioning
Satelite/GPS kapal adalah perangkat yang dapat mengetahui posisi koordinat bumi
secara tepat yang dapat secara langsung menerima sinyal dari satelit. Perangkat
GPS kapal modern menggunakan peta sehingga merupakan perangkat modern dalam
navigasi di darat, kapal di laut, sungai dan danau serta pesawat udara. kapal
tanpa alat navigasi gps bagaikan sayur tanpa garam..
3. PETA alat
navigasi kapal
alat
navigasi kapal yang ketiga
adalah peta, peta merupakan perlengkapan utama dalam pelayaran kapal bentuk dua
dimensi (pada bidang datar) keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi yang
diproyeksikan dengan perbandingan/skala tertentu. atau dengan kata lain
representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang
mempelajari pembuatan peta disebut kartografi.
a.Proyeksi
peta menurut jenis bidang proyeksi dibedakan :
-Proyeksi
bidang datar / Azimuthal / Zenithal
-Proyeksi
Kerucut
-Proyeksi
Silinder
b. Proyeksi
peta menurut kedudukan bidang proyeksi dibedakan :
-Proyeksi
normal
-Proyeksi
miring
-Proyeksi
transversal
c. Proyeksi
peta menurut jenis unsur yang bebas distorsi dibedakan:
-Proyeksi
conform, merupakan jenis proyeksi yang mempertahankan besarnya sudut
-Proyeksi
equidistant, merupakan jenis proyeksi yang mempertahankan besarnya panjang
jarak
-Proyeksi
equivalent, merupakan jenis proyeksi yang mempertahankan besarnya luas suatu
daerah pada bidang -lengkung
4. KOMPAS
NAVIGASI KAPAL
alat
navigasi kapal yang ke-4
adalah kompas, Kompas adalah alat navigasi kapal untuk menentukan arah
kapal berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya
dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah
tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah mata angin yang
ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan barat. Apabila digunakan
bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih akurat dalam
menunjukkan arah. Alat ini membantu perkembangan perdagangan maritim dengan
membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih
berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah navigasi kapal.
Penemuan
bahwa jarum magnetik selalu mengarah ke utara dan selatan terjadi di Cina dan
diuraikan dalam buku Loven Heng. Di abad kesembilan, orang Cina telah
mengembangkan kompas berupa jarum yang mengambang dan jarum yang
berputar.Pelaut Persia memperoleh kompas dari orang Cina dan kemudian
memperdagangkannya. Tetapi baru pada tahun 1877 orang Inggris, William Thomson,
1st Baron Kelvin(Lord Kelvin) membuat kompas yang dapat diterima oleh semua
negara. Dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang timbul dari deviasi
magnetik karena meningkatnya penggunaan besi dalam arsitektur kapal.
Berikut ini
adalah arah mata angin yang dapat ditentukan kompas.
• Utara
(disingkat U atau N)
• Barat
(disingkat B atau W)
• Timur
(disingkat T atau E)
• Selatan
(disingkat S)
• Barat laut
(antara barat dan utara, disingkat NW)
• Timur laut
(antara timur dan utara, disingkat NE)
• Barat daya
(antara barat dan selatan, disingkat SW)
• Tenggara
(antara timur dan selatan, disingkat SE)
Alat apa pun
yang memiliki batang atau jarum magnetis yang bebas bergerak menunjuk arah
utara magnetis dari magnetosfer sebuah planet sudah bisa dianggap sebagai
kompas. Kompas jam adalah kompas yang dilengkapi dengan jam matahari. Kompas
variasi adalah alat khusus berstruktur rapuh yang digunakan dengan cara
mengamati variasi pergerakan jarum. Girokompas digunakan untuk menentukan utara
sejati.
Lokasi
magnet di Kutub Utara selalu bergeser dari masa ke masa. Penelitian terakhir
yang dilakukan oleh The Geological Survey of Canada melaporkan bahwa posisi
magnet ini bergerak kira-kira 40 km per tahun ke arah barat laut.menurut
jenisnya kompal sebagai alat navigasi kapal di bagi menjadi 2 yaitu, kompas
analog dan digital (silahkan langsung aja deh tanya mbah google).
nah ini di
gambar kompas kapal
5. IRS alat
navigasi kapal
alat
navigasi kapal modern yang
kelima adala IRS(Inertial Reference Sytem). IRS kapal adalah perangkat yang
dapat mengetahui posisi koordinat kapal berdasarkan efek inertial. Tidak
seperti GPS kapal perangkat IRS kapal tidak memerlukan stasiun sehingga sangat
cocok untuk digunakan di bumi maupun di ruang angkasa. Perangkat IRS modern
kapal menggunakan peta sehingga merupakan perangkat modern sebagai alat
navigasi kapal di laut, selain itu IRS juga bisa di gunakan sebagai alat
navigasi di darat , navigasi pesawat udara serta di ruang angkasa.
gambar
perangkat IRS(Inertial Reference Sytem).
6. TELEGRAF
alat komunikasi kapal
alat
komunikasi kapal telegraf merupakan sebuah mesin untuk mengirim dan menerima pesan pada jarak jauh
kapal .mengunahkan Kode Morse dengan frekwensi gelobang radio, kode morse
adalah metode dalam pengiriman informasi, dengan menggunakan standard data
pengiriman nada atau suara,cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari
pesan kalimat, kata,huruf, angka dan tanda baca. Kode morse dapat dikirimkan
melalui peluit,bendera, cahaya, dan ketukan morse.
Pesan pada
telegraf dikirimkan oleh operator telegraf (telegrapher) menggunakan kode morse
yang dikenal dengan nama “telegram” atau “kabelgram”, dan sering disingkat
dengan pesan kabel atau kawat. Sebelum telepon jarak jauh (interlokal)
diperkenalkan dan digunakan, telegram ini sangat terkenal pemakaiannya.
Kata
telegraf yang sering didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf
elektrik. Telegraf ditemukan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel
F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain.
7. Marine
VHF radio (alat komunikasi kapal)
Marine VHF
radio merupakan alat komunikasi kapal yang dipasang untuk memenuhi tujuan
komunikasi kapal yaitu memanggil tim penyelamat dan berkomunikasi dengan
pelabuhan, kunci, bridges and marines, dan marine vhf radio beroperasi di
rentang frekuensi VHF, antara 156-174 MHz. Walaupun secara luas alat komunikasi
kapal marine vhf radio digunakan untuk menghindari tabrakan, satu set marine
vhf radio adalah gabungan pemancar dan penerima dan hanya beroperasi pada
standar, frekuensi internasional dikenal sebagai salurannya.
Channel 16 (156.8 MHz) adalah panggilan internasional.
Marine VHF radio kebanyakan menggunakan "simplex" transmisi, dimana
komunikasi hanya dapat terjadi dalam satu arah pada satu waktu. Sebuah tombol
transmisi pada set atau mikrofon menentukan apakah itu beroperasi sebagai
pemancar atau penerima. Mayoritas saluran, bagaimanapun, adalah sisihkan untuk
transmisi "duplex" saluran di mana komunikasi dapat berlangsung dalam
dua arah secara bersamaan [3]. Setiap saluran dupleks memiliki duapenetapan
frekuensi. Hal ini terutama karena, pada hari-hari sebelum ponsel dan satcomms
menjadi luas, saluradupleks dapat digunakan untuk menempatkan panggilan pada
sistem telepon umum untuk biaya melalui operator laut. Fasilitas ini masih
tersedia di beberapa daerah, meskipun penggunaannya sebagian besar telah mati.
Di perairan AS, Marine VHF radio juga dapat menerima siaran radio cuaca, di
mana mereka yang tersedia, pada saluran, menerima hanya WX1 wx2, dll.
Icom IC-M412 adalah alat komunikasi khusus
untuk kapal, icom IC-M412 dibuat water proof dapat bertahan dalam rendaman air
selama 30 menit pada kedalaman 1 meter, kabel dan microfon alat komunikasi ini
juga dirancang khusus untuk digunakan di laut.
Icom IC-M504A adalah
alat komunikasi khusus untuk marine ini dirancang water proof bahkan
dikedalaman air 1,5 meter alat komunikasi ini masih tetap bisa berfungsi. Alat
komunikasi ini sangat cocok digunakan di kapal laut, speed boat, perahu nelayan
dan lain lain.
BUBU (PORTABLE TRAPS)
Definisi : perangkap untuk menangkap ikan. Bubu mempunyai pintu dan
badan yang dirancang sedemikian rupa sehing bila ikan masuk kedalam
bubu melalui pintu tidak akan dapat keluar lagi.
(alat tangkap ini digolongkan menjadi bubu dasar,bubu apung/hanyut.
Berdasarkan desain dan konstruksi serta operasinya bubu di golongkan
ke dalam perangkap dengan kode ISSCFG 08.2.0 (08=kode perangkap
2.0=kode terapung))
-DASAR HUKUM OPERASI-
1. Pasal 8 ayat 2 huruf b. dan ayat 3 Peraturan Pemerintah RI No.54
tahun 2002 tentang usaha perikanan.
-DAERAH OPERASI-
Di perairan teritorial dan ZEEI samudera hindia,ZEEI laut sulawesi,dan
ZEEI Samudera pasifik
0 comments:
Post a Comment