Thursday 18 April 2013

Cabang Ilmu Biologi Beserta Kajiannya

Akhir-akhir ini sepertinya ada banyak sekali yang mencari informasi tentang ilmu biologi dan cabang-cabangnya. Untuk itu, pada postingan kali ini saya akan menuliskan tentang apa itu biologi serta daftar ilmu-ilmu apa saja yang merupakan cabang biologi. Artikel ini saya tulis dengan referensi dari beberapa sumber seperti wikipedia, dll.

Pengertian Ilmu Biologi

Biologi adalah salah satu ilmu alam yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan. Objek kajian biologi tidak hanya mencakup tentang semua makhluk hidup yang ada, tapi juga mengkaji makhluk hidup yang pernah ada. Biologi juga membahas secara detail tingkat organisasi kehidupan dari tingkatan yang paling kecil hingga tingkatan yang paling besar, meliputi molekul/zat yang menyusun makhluk hidup, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, biome, hingga biosfer.

Istilah biologi sendiri berasal dari kata Bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup dan logos yang berarti lambang atau ilmu. Aristoteles adalah salah satu ilmuwan Yunani Kuno yang dianggap sebagai bapak biologi dunia. Ia pernah melakukan observasi di Pulau Lesbos mengenai sejarah hewan, generasi hewan, dan bagian hewan. Ia juga adalah orang pertama yang memisahkan mamalia air dari kelompok hewan. Sementara itu, biologi modern mulai dikenal sejak abad ke-18 Masehi. Semenjak saat itu, ilmu biologi terus mengalami perkembangan hingga harus dipecah-pecah menjadi cabang-cabang ilmu yang fokus mempelajari satu bidang seperti ilmu botani yang khusus mempelajari tumbuhan atau ilmu mikrobiologi yang khusus mempelajari mikroorganisme.

Cabang-Cabang Biologi

Seperti yang telah disebutkan diatas, biologi dipecah menjadi beberapa cabang ilmu agar semakin mudah dan fokus dalam pengkajiannya. Adapun cabang-cabang dari ilmu biologi yang jumlahnya sangat banyak, diantaranya dapat kita lihat pada tabel di bawah ini.

Nama Ilmu Objek Kajian
Anatomi Mempelajari struktur tubuh makhluk hidup
Bakteriologi Mempelajari segala hal yang berhubungan dengan bakteri
Botani Mempelajari segala hal yang berhubungan dengan tumbuhan
Bioteknologi Mempelajari tentang penerapan ilmu biologi secara terpadu (ex: pangan, pengobatan)
Ekologi Mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Embriologi Mempelajari perkembangan embrio
Genetika Mempelajari penurunan sifat organisme
Histologi Mempelajari jaringan makhluk hidup
Imunologi Mempelajari imun/sistem kekebalan tubuh
Mikrobiologi Mempelajari mikroorganisme
Ornitologi Mempelajari tentang burung (aves)
PalaentologiMempelajari fosil
Sitologi Mempelajari tentang sel
Taksonomi Mempelajari tentang pengelompokan/pengklasifikasian makhluk hidup
Zoologi Mempelajari segala hal yang berhubungan dengan hewan
Virologi Mempelajari virus

Itu tadi sekilas mengenai apa itu biologi, pengertian, serta daftar ilmu apa saja yang termasuk dalam cabang biologi. Jika ada yang ingin menambahkan atau mengkoreksi, saya persilahkan untuk disampaikan di kotak komentar. Semoga bermanfaat.

Sumber Biologi
Kritik dan Sarannya silakan

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates