Monday, 21 May 2012

Artikel konservasi di indonesia




indosmarin.com
Denpasar – Negara-negara kawasan Samudera Hindia dan Asia Tenggara yang tergabung dalam The Indian Ocean and South East Asia (IOSEA), memberikan apresiasi terhadap berbagai upaya konservasi penyu laut di Indonesia yang dilakukan dengan menerapkan berbagai aturan melalui sejumlah tahapan.
Berbagai upaya pemeliharaan dan perlindungan terhadap enam jenis penyu di Indonesia guna mencegah kepunahan, akan bisa menjadi contoh negara lain, kata Sekjen IOSEA, kepada Antara saat pertemuan ke-5 IOSEA di Sanur, Bali, Rabu.
Sumber berita: Antara.

Taman Nasional Pulau Komodo
Taman Nasional Komodo (TN. Komodo) merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Pulau-pulau tersebut merupakan habitat satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil purba yang tersisa di bumi. Kondisi alamnya unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya
Sumber berita : lookman89.wordpress.


Kekah natuna terancam punah, satwa ini termasuk hewan langka yang hanya ada di daerah Kabupaten Natuna. Berdasarkan para peneliti pada Pusat Studi Biodiversitas dan Konservasi (PSBK) dan mahasiswa Program Pasca Sarjana, Biologi Konservasi, Universitas Indonesia (UI), Kekah natuna hanya ditemui di Pulau Natuna (Bunguran Besar) saja. Di pulau tersebut kekah tersebar dalam beberapa tipe habitat dan ketinggian (gunung tertinggi adalah Gunung Ranai 1.035 m dpl). Habitat yang dihuni Kekah Natuna antara lain, hutan primer pegunungan, hutan sekunder, kebun karet tua, daerah riparian, dan juga ditemui beririsan dengan hutan mangrove dan kebun campuran (Indrawan & Rangkuti, 2002). Sayang sekali, di kepulauan ini belum ada kawasan perlindungan (daerah konservasi).
Sumber berita : natuna.org.
konservasi habitat orangutan merupakan skenario ‘tiga kemenangan’, yaitu melindungi spesies langka kera besar, melindungi keanekaragaman hayati hutan dan menyerap emisi karbon dalam jumlah yang banyak untuk melawan perubahan iklim. “Langka kerja sama dengan pihak terkait, kita sebenarnya telah mengambil langkah penting untuk menjaga kehidupan orangutan dan habitatnya serta melestarikan sumber daya alam yang diperlukan oleh komunitas lokal.
Sumber Berita : Seputar Bali.