Tuesday 4 September 2012

Microscope

Mendeteksi Bakteri Microscope Solusinya

Apakah anda pernah melihat bakteri, mungkin ada yang pernah dan tidak sedikit pula yang belum pernah melihat bakteri, dalam kehidupan sehari-hari banyak bakteri yang terdapat disekeliling kita berbagai kelompok bakteri dapat menyebapkan penyakit dan infeksi tapi tidak sedikit pula yang bermanfaat dibidang pangan,industry dan kesehatan.Bakteri secara umum memiliki ukuran yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang kita.

Untuk melihat bakteri diperlukan suatu alat yang dapat memperbesar penglihatan kita, karna bentuk bakteri yang sangat kecil menyulitkan kita untuk melihat secara langsung  bakteri, dijaman yang sangat maju ini kita dapat mendeteksi bakteri dengan cara menggunakan mikroskop.

img_microscope_2.JPG


Mikroskop atau dalam bahasa inggris microscope adalah sebuah instrument yang berfungsi untuk melihat, atau mengenali benda-benda renik yang terlihat kecil menjadi lebih besar dari aslinya. Biasanya alat ini terdapat diruang laboratorium,lab kelas dan tempat-tempat untuk menganalisa benda kecil lainya.


cara_munggunakan_microscope.jpgimg_bacteria.jpg

Dengan menggunakan mikroskop kita dapat mendeteksi benda yang sangat kecil dengan menggunakan mata kita. Cara menggunakan alat ini sangat mudah dengan diawali memutar revoler putar-putarlah cermin untuk mencari sumber cahaya, sehingga cahaya dapat menerangi tempat bayangan benda yang akan tampak, setelah itu letakan kaca obyek/preparat diatas meja benda,aturlah jarak lensa benda dengan  preparat serendah mungkin tetapi jangan sampai menyentuh, dengan jalan memutar sekrup pengarahan.Setelah itu kita lihat melalui lensa mata sambil menjauhkan kembali jarak antara lensa denga preparat, untuk mendapat bayangan yang jelas kita dapat memutar-mutar skrup.

Banyak sekali model-model mikroskop yang dijual dipasaran, diantaranya microscope binocular , Microscope Digital, Labor & Routine Microscopes dan masih banyak lagi, terdapat pula jenis mikroskop untuk siswa yaitu mikroskop siswa atau student microscope biasanya jenis ini terdapat di laboratorium sekolah atau kampus untuk kebutuhan praktek siswa.


Sumber :http://sulistyaindriani.wordpress.com/2010/07/12/bagian-bagian-mikroskop-dan-fungsinya/

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates