Wednesday 5 September 2012

10 Negara Termaju di Dunia


Ilmu Pengetahuan

10 Negara Termaju di Dunia

Negara maju berbeda dengan negara modern, begitu juga dengan negara berkembang. Ketiga jenis kategori sebuah negara tersebut memiliki definisi yang berbeda - beda. Sebuah negara bisa dikategorikan sebagai negara yang maju bila HDI (The human development index) yang digunakan untuk menentukan peringkat sebuah negara termasuk ke dalam kategori sangat tinggi (high level). HDI itu sendiri dilihat dari besarnya harapan hidup, tingkat pendidikan, standar hidup, kesejahteraan, pekayanan kesehatan, dll. Namun demikian, adakalanya penilaina sebuah negara masuk ke dalam kategori termaju atau bukan juga bisa dinilai sevara subyektif dengan berbagai alasan tertentu.
Berikut ini adalah 10 negara termaju di dunia:
1. NORWEGIA
Norwegia memiliki tingkat pengangguran yang rendah. Dengan angka harapan hidup yang mencapai 80,2 tahun.
2. AUSTRALIA
Negara yang memiliki GDP (gross domestic products) sebesar USD 918,978 Milyar ini juga selama 5 tahun terakhir memiliki pendapatan perkapita sebesar USD  40.836. Selain itu, negara ini juga menduduki rangking tertinggi di dunia dalam kualitas hidup masyarakatnya.
3. BELANDA
Belanda memiliki standar pendidikan yang tinggi serta menjadi acuan standar literatur bagi negara - negara lain di dunia ini. Keadaan ekonomi Belanda yang stabil serta masyarakatnya yang menduduki rangking sebagai masyarakat yang paling bahagia du dunia lah yang membuat Belanda berhasil masuk ke dalam kategori negara termaju
4. AMERIKA SERIKAT
Siapa yang mampu menyangkal bahwa Amerika Serikat bukanlah negara maju? Sebagai tolok ukur kondisi perekonomian dunia, jelas Amerika memiliki pengaruh yang sangat kuat atas kondisi negara - negara yang lain.
5. NEW ZEALAND
Negara yang memiliki kondisi alam yang sangat indah ini memiliki GDP sebesar USD 157,877 Milyar serta pendapatan per kapita sebesar USD 35.374 untuk populasi penduduknya yang hanya berjumlah sekita 4,3 juta orang saja
6. KANADA
Kanada menduduki peringkat kedua sebagai negara terbesar di dunia setelah Rusia dan berbatasan secara langsung dengan Amerika Serikat. Masyarakat Kanada terkenal sebagai masyarakat yang emmiliki tingkat pendidikan yang sangat tinggi serta memiliki kecerdasan yang diatas rata - rata.
7. IRLANDIA
Republik Irlandia memiliki jumlah populasi penduduk yang sangat kecil. Yaitu sekitar 4,5 juta orang saja 99% penduduk Irlandia telah berhasil mengenyam pendidikan yang tinggi 
8. LIECHTENSTEIN
Tidak banyak yang tahu tentang negara ini. Liechtenstein merupakan negara dengan wilayah terkecil di dunia karena hanya seluas 160 km persegi dengan jumlah penduduk hanya sekitar 35 ribu orang saja. Namun GDP dari Liechtenstein merupakan GDP tertinggi di dunia.
9. JERMAN
Di negara - negara persatuan Eropa, Jerman merupakan negara yang memiliki ekonomi terbesar dan juga memiliki tingkat populasi terbesar juga, yaitu sekitar 82,2 juta penduduk.
10. SWEDIA
Luas wilayah Swedia hanya seluas California saja serta memiliki jumlah penduduk sekitar 9,3 juta jiwa. Jerman terkenal dengan standar kesehatan dan pendidikan yang sangat tinggi bagi penduduknya.

Video negara termaju di dunia pada tahun 2010

Dalam video ini akan diperlihatkan daftar 10 negara termaju di dunia pada tahun 2010

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates