Tuesday 5 June 2012


Pemanfaatan Internet dalam Dunia Pendidikan


Disusun Oleh :
nyuyun

Kelas :
XI IPS



Tahun Pelajaran : 2011/2012

SMA.N 13 Padang



KATA PENGANTAR

            Segala puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya.Berkat limpahan karunia-Nya, saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul “Pemanfaatan Internet dalam Dunia Pendidikan”.
            Pada karya ilmiah ini saya akan membahas bagaimana para remaja dan terutama bagi para pelajar dalam memanfaatkan internet dalam dunia pendidikan, untuk menjadikan para remaja yang sukses, kreatif dan juga berguna untuk generasi kedepannya. Supaya mereka bisa lebih selektif dan berfikir apa yang terbaik buat mereka, karena internet ini sangat banyak manfaat yang akan didapatkan.
            Dalam menyusun karya ilmiah ini tentu tanpa terlepas dari penimbaan pengalaman dan pengetahuan orang lain. Karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya karya ilmiah ini.Akhirnya kritik dan saran dari pembaca demi kebaikan karya ilmiah ini dan semoga dapat diterima dengan baik.Mudah-mudahan karya ilmiah ini ada manfaatnya.



                                                            Padang, 04 mei 2012

           
                                                            Penulis
                                                            (NYunyun)




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………. I
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………… II

BAB I PENDAHLUAN …………………………………………………………….  1
A.    Latar Belakang Masalah ……………………………………………………... 1
B.     Identifikasi Masalah ……………………………………………………….....  1
C.     Pembatasan Masalah …………………………………………………………  2
D.    Perumusan Masalah ……………………………………………………….....  2
E.     Tujuan Penelitian ……………………………………………………….........  2
F.      Kegunaan Penelitian …………………………………………………………  2
G.    Definisi Istilah ……………………………………………………………….  2

BAB II KAJIAN PUSTAKA ……………………………………………………….  3
A.    Pengertian Internet ………………………………………………………….   3
B.     Pengertian Teknologi Pendidikan …………………………………………...  3
C.     Berbagai Manfaat Internet …………………………………………………..  4

BAB III METODE PENELITIAN …………………………………………………. 4
A.    Desain Penelitian ……………………………………………………………. 4
B.     Populasi dan Sampel ………………………………………………………..   4
C.     Teknik Pengumpulan Data ………………………………………………….  4
BAB IV KESIMPULAN dan SARAN …………………………………………….   4
A.    Kesimpulan …………………………………………………………………  4
B.     Saran ………………………………………………………………………..  5

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………….




BAB I
 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.Seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan teknologi informasi, maka dunia pendidikan pun tidak lepas dari pengaruh perkembangan tersebut.
Internet merupakan bagian yang sangat terpenting pada saat sekarang ini. Semua orang menggunakannya untuk keperluan masing-masing seperti diperkantoran , internet sangat dipergunakan dalam dunia usaha dan juga seperti disekolah untuk perkembangan cara berpikir siswa siswinya agar lebih maju terutama dalam dunia pendidikan.
            Hal tersebut memang sangat kita rasakan pada saat ini.Tetapi para remaja terutama bagi para pelajar yang kurang memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya dalam dunia pendidikan di era globalisasi dan juga kurang terkontrolnya pada saat pemakaian internet.
            Banyaknya manfaat yang kita dapatkan melalui internet, terutama untuk membuat wawasan kita bertambah maju.Tetapi sebagian dari para remaja hanya hanya menggunakan internet untuk hal-hal yang kurang bermanfaat dan masih belum menyadari bagaimana menggunakan internet untuk hal-hal yang berguna dan bermanfaat yang juga untuk dirinya sendiri.Mengapa hal itu terjadi?Apa yang menyebabkan mereka kurang menyadari bahwa internet itu sangat berguna dan bermanfaat apabila digunakan sebaik-baiknya?

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, dapat diidentifikasikan permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar, antara lain optimalisasi pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar, pemenuhan koleksi buku-buku yang tersedia di perpustakaan, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, serta pemanfaatan sumber daya lingkungan sebagai sumber belajar.



C.         Pembatasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembalajaran, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet bagi para remaja terutama para pelajar.

D.        Perumusan Masalah
Untuk menjelaskan permasalahan yang akan diteliti, maka masalah tersebut dirumuskan sebagai berikut :
1. Apa pengertan internet?
2. Apa yang dimaksud dengan teknologi pendidikan?
3. Apa saja manfaat internet bagi lembaga pendidikan, seorang pendidik, dan anak didik?

E.         Tujuan Penelitian :
1.      Menjelaskan kepada para remaja terutama bagi para pelajar tentang mengggunakan internet sebaik-baiknya.
2.      Menjadikan internet sebagai sumber belajar yang efektif.
3.      Para remaja bisa menyadari dalam menggunakan internet itu sebaiknya mengambil sisi positifnya bukan yang negatif.

F.          Kegunaan  penelitian :
1.      Menjadikan internet sebagai dunia pendidikan dalam kiat menjadikan remaja yang sukses
2.      Menghindari pemakaian yang tidak berguna dari internet
3.      Mengambil hal-hal positif dalam menggunakan internet bagi pelajar untuk meningkatkan minat belajarnya.
4.      Berguna dalam memperluas wawasan.

G.          Definisi Istilah
1.    Internet
Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat diakses dari berbagai belahan dunia secara cepat.
2.    Sumber belajar
Segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru, baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran.


BAB II
Kajian Pustaka
Dalam masalah ini akan dibahas bagaimana cara pemanfaatan internet bagi para remaja terutama pada para pelajar dengan baik. Seharysnya para remaja menggunakan internet dengan sebaik-baiknya dan belajar asyik menggunakan internet supaya menarik para remaja untuk menggunakan internet.
1. Pengertian Internet
Internet adalah gabungan dari jaringan-jaringan komputer dalam skala luas dan besar dimana masing-masing komputer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah bahasa jaringan.tetapi jenis interaksi tersebut adalah interaksi tidak langsung.

2. Pengertian Teknologi Pendidikan.

AECT (Association for Educational Communications and Technology), 2004, mengartikan bahwa teknologi pendidikan adalah studi dan praktik etik dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/ memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. Tujuan utamanya jelas, dalam hal ini masih tetap untuk memfasilitasi pembelajaran agar efektif, efisien dan menarik dan untuk meningkatkan kinerja.
Menurut Comission on Instructional Technology (1970) teknologi pendidikan berarti suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.
Jadi, menurut konsep ini tujuan utama teknologi pembelajaran adalah membantu agar menjadi mudah dan efisien.




3. Berbagai manfaat Internet.
a)  Manfaat internet bagi lembaga pendidikan.
Bagi lembaga pendidikan seperti Depdiknas, sekolah negeri, sekolah swasta, universitas, dan lembaga-lembaga lain yang berkaitan dengan pendidikan, manfaat penggunaan internet banyak, antara lain:
1) Memperkenalkan kepada orang-orang tentang lembaga dengan membuatkan web lembaganya di internet.
2) Untuk melakukan penerimaan pegawai baru, siswa baru, dan mahasiswa baru lembaga dapat melakukan dengan sistem online di internet, sehingga lebih efisien waktu dan biaya.
3) Untuk beberapa lembaga perguruan tinggi internet dimanfaatkan untuk legalisasi online.
4) Antara lembaga satu dengan lembaga lain pasti membutuhkan kerja sama maupun pembandingan, dengan internet hal-hal semacam itu dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

b) Manfaat internet bagi pendidik.

Untuk pendidik internet bermanfaat dalam berbagai hal, antara lain:
1) Internet bermanfaat untuk mencari bahan materi ajar yang akan diberikan kepada anak didik.
Di dalam internet terdapat banyak materi dan ilmu.Bahan materi ajar memang sudah diatur dalam kurikulum, namun pendidik mengembangkan materi ajar agar pengetahuan yang dimiliki anak didik semakin banyak dan wawasan semakin luas.
2) Akses ke sumber informasi.
Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi.Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang sayangnya tidak murah.Buku-buku dan journal harus dibeli dengan harga mahal.Pengelolaan yang baik juga tidak mudah.Sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia (termasuk di dunia Barat) yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap.Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi.
3) Internet digunakan sebagai alat berdiskusi antar pendidik.
Sesama pendidik akan lebih baik bila berdiskusi dan saling mengkritisi. Pendidik dapat berdiskusi dan mengkritisi tentang materi ajar, kurikulum baru, cara mengajar, dan lain sebagainya. Dengan melakukan kegiatan diskusi dan saling mengkritik diharapkan agar dalam mengajar akan menjadi lebih baik dan bahan materi ajar semakin kaya. Jika tempat berjauhan berdiskusi antar pendidik tidak perlu bertatap muka secara langsung karena internet dapat menghubungkan mereka.

c. Manfaat internet bagi anak didik.

Sekarang ini anak didik tidak dapat dipisahkan dengan internet. Pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai mahasiswa saat ini sudah mengenal internet sehingga, banyak sekali manfaat yang diberikan oleh internet, antara lain:
1) Pendidikan Dasar dan Menengah, internet digunakan mempengaruhi peningkatan motivasi, menguatkan pengajaran, meningkatkan lingkungan psikologi.
2) Penggunanan internet dimaksudkan untuk merangsang dan memotivasi mahasiswa dalam mengembangkan intelektualnya sehingga dapat mengembangkan penelitian dan pengembangan ilmu baik teoretis maupun terapan.
3) Tukar menukar informasi atau tanya jawab dosen dan mahasiswa dapat dilakukan melalui Internet.












BAB III
Metode Penelitian
a)     Desain Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei, yang dipakai untuk tujuan eksplorasi.Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh siswa siswi SMA.N 13 Padang.
b)    Populasi dan sampel
Populasi dan wilayah generalisasi penelitian ini adalah para siswa siswi SMA.N 13 Padang yang meliputi siswa siswi kelas X,XI,XII
c)     Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A.   Kesimpulan
a)      Kurangnya remaja terutama pada para pelajar memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya.
b)      Secara umum para remaja dalam menggunakan internet kurang mengambil hal-hal yang positif.
c)      Internet kurang dimanfaatkan para remaja untuk memperluas wawasan yang terutama dalam dunia pendidikan.

B.   Saran
a)      Sebaiknya para remaja harus menyadari pentingnya internet untuk memperluas wawasan dalam dunia pendidikan.
b)      Terutama bagi yang memiliki akses internet dirumahnya, pentingnya orang tua dalam mengawasi anaknya ketika mengakses internet.
c)      Hendaknya kita harus berpikir banyaknya hal-hal positif yang dapat kita ambil dengan mengakses internet untuk menjadikan seseorang yang sukses karena wawasan kita akan menjadi lebih luas.
d)     Hendaknya para remaja juga harus bias menyadari internet itu untuk menimba ilmu yang lebih banyak dan luas yang manfaatnya juga untuk diri kita sendiri.


DAFTAR PUSTAKA

Anonimous a. 2012.Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar.http://www.slideshare.net/ajibb/internet-dalam-pembelajaran. Diakses pada 04 mei 2012.

Hakim, F. 2011.Soft Skill.http://fajarhakim.blogspot.com/2011/09/manfaat-teknologi-bagi-pendidikan.html. Diakses pada 20 Oktober 2011.

Mafrukhi, Wahono, P. Utomo, Rusmiyanto, I. Taufik, dan B. Hartono.2007. Kompeten Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Ramadansyah. 2010. Paham dan Terampil Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Bandung: Dian Aksara Press.





0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates